Translate

Thursday 17 May 2012

Teknik Menumbuhkan Sikap Positif Karakter Pemimpin

Pemimpin, merupakan orang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dalam pencapaian tujuan. Pemimpin dalam bahasa sederhana adalah ketua atau kepala dari sebuah golongan. Namun pada hakikatnya pemimpin adalah orang yang diikuti, dipatuhi dan menjadi panutan. Seringkali kita melihat banyak sekali pemimpin-pemimpin negeri yang silih berganti dengan karakter kepemimpinan yang berbeda-beda. Setiap dari mereka tentu banyak sekali mendapatkan pro dan kontra dari berbagai kalangan ketika memimpin negeri ini dengan kebijakan-kebijakan yang dimbilnya. Nah kalau begitu bagaimana cara kita dalam menumbuhkan sikap positif dalam diri kita, karena pada intinya semua dari kita adalah pemimpin.
Tergantung bagaimana kita dapat memunculkan dan menonjolkan karakter kepemimpinan yang kita mililki. Konsep umum sikap positif pemimpin merupakan salah satu variable manajemen organisasi, yang terintegrasi antara perilaku manusia dan organisasi dan saling mempengaruhi individu berdasarkan kriteria tertentu serta terbentuk dari proses interaksi sosial. Proses memunculkan karakter seorang pemimpin di sini sangat dipengaruhi dari lingkungan sosial masyarakat tempat kita bersosialisasi. Semakin positif lingkungan tempat kita berada, maka karakter kepemimpinan yang berkualitas pun juga akan terbentuk dengan baik. Organisasi pun merupakan tempat yang tepat dalam menumbuhkan karakter seorang pemimpin, dengan adanya organisasi maka manusia-manusia yang berinteraksi di dalamnya dapat berproses sesuai dengan problema maupun konflik yang terjadi. Semakin tinggi kadar konflik yang terjadi dalam diri sendiri maupun organisasi, maka semakin cepat pula karakter-karakter pemimpin itu muncul. Yang kuat yang akan menjadi raja. Itu adalah hukum rimba yang berlaku sampai saat ini di alam liar, lain halnya dengan karakter pemimpin dalam sebuah organisasi. Seorang pemimpin yang akan memimpin sebuah organisasi harus dan minimal memiliki sikap dasar yang mencerminkan kepemimpinannya, antara lain :
1. Cinta pada sesama secara tulus
2. Cinta kebenaran
3. Tegas dalam pengambilan keputusan
4. Berenergi penuh semangat
5. Agresif, Inovatif dan Kreatif
6. Disiplin secara konsisten
7. Memiliki stabilitas emosi dan kekuatan daya ingat
8. Terampil berkomunikasi dan terampil mengelola waktu
9. Sederhana

Itu merupakan sikap-sikap dasar seorang pemimpin yang kebanyakan dan jarang sekali dimiliki orang pada umumnya. Tentu bukan hal yang mudah ketika semua itu harus dimunculkan dalam setiap pribadi secara serentak, sebelum nantinya kita tanamkan pada individu-individu yang akan kita pimpin. Berikut kiat-kiat yang dapat kita lakukan dalam menumbuhkan sikap dasar secara individu :
a. Menyayangi dan menghargai diri sendiri
b. Menyadari kelebihan dan kelemahan
c. Menyadari adanya persamaan dan perbedaan
d. Mempunyai komitmen
e. Bersikap terbuka dan jujur
f. Tidak mengulang kesalahan
g. Do'a dan bersyukur
h. Berinteraksi dan bersosialisasi
i. Berolahraga dan bermeditasi
j. Mengenali diri sendiri

Dari kiat di atas, tentu kalau kita membayangkan, tidak mudah menjadi Pemimpin dari para pemimpin. Tentu semua itu dapat kita terapkan jika kita benar-benar mau berdisiplin, bijak dalam mengambil keputusan serta berkomitmen pada kebenaran. Dan selalu gunakan prinsip 'subtitusi', dimana amarah-kasih, takut-iman, putus asa-harapan, duka cita-suka cita, keluhan-syukur, khawatir-percaya diri dan rasa bersalah-mohon ampun. Itu semua dapat anda lakukan ketika anda dapat menumbuhkan rasa syukur dan penuh keikhlasan yang mendalam dalah hati. Dalam situasi dan kondisi seperti apa pun, jika anda konsisten dapat menjaga keikhlasan yang anda miliki, maka keputusan-keputusan bijaksana anda sebagai seorang pemimpin akan dapat mengayomi seluruh anggota. Anda akan dapat menjadi seorang pemimpin yang tenang, penuh kedamaian, namun tetap menghanyutkan. Buang jauh-jauh sifat keras kepala dan acuh tak acuh yang selama ini meracuni diri anda. Gantilah seperti karakteristik air yang mengalir penuh kelenturan, bergerak naik secara merata, mengalir selalu mencapai bagian paling dasar, ketenangan kolam, laut dan sungai yang tetap akan dapat menenggelamkan jika ada faktor dari luar yang mengusik ketenangannya.
Mulai dari sekarang, asah dan tumbuhkan karakter kepemimpinanmu, karena setiap dari kita adalah Pemimpin.

0 comments:

Post a Comment